Laporkan situasi keamanan lingkungan, ketertiban bermasyarakat dan kebencanaan melalui SMS ke nomor 0813-8724-4662 Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dengan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan

Selasa, 01 Januari 2013

Refleksi Akhir Tahun Senkom Mitra Polri, Peran Masyarakat Dalam Kamtibmas dan Kebencanaan

Jakarta, MediaProfesi.com - Di penghujung tahun 2012 ini, PP Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom Mitra Polri) menggelar talkshow sebagai refleksi akhir tahun dengan mengangkat tajuk "Peran Masyarakat Dalam Kamtibmas dan Kebencanaan", hari ini Senin (31/12/2012) di RM Dapur Sunda Pacific Place, Jakarta.

Acara dengan menghadirkan narasumber berbagai lembaga terkait. Dari Mabes Polri diwakili oleh Kombes Daud Sihombing selaku Wadir Binmas, kemudian Sugeng Tri Utomo-Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan bencana BNPB, Yanuar Arif Wibowo-Ketua Bidang Politik KNPI, serta Bambang Yuniartiono, Kasubbag Kerjasama Lintas daerah pada Biro Perencanaan Kemenkominfo.

"Di penghujung tahun 2012 ini kami mengadakan kegiatan ini sebagai bagian dari evaluasi atas peran kami selama ini, sebagai bagian dari unsur masyarakat yang membantu pihak Kepolisian menciptakan kamtibmas maupun BNPB dan Basarnas dalam siaga kebencanaan," kata HM. Sirot, SH.SIp, Ketua Umum Senkom Mitra Polri.

Senkom Mitra Polri yang berdiri pada tanggal 1 Januari 2004, memiliki visi menjadi lembaga yang handal dan profesional dalam membantu mewujudkan keamanaan dan ketertiban nasional melalui peningkatan kesadaran masyarakat.

Dalam praktiknya, Senkom Mitra Polri selain melakukan kegiatan yang bersifat sosialisasi mengenai program-program pemerintah di bidang kamtibmas, juga menyelenggarakan kegiatan pengamanan swakarsamandiri. Kegiatan ini diantaranya dengan aktivitas laporan situasi terkini setiap hari, dari para personal Senkom Mitra Polri dari seluruh Indonesia, baik menggunakan perangkat komunikasi audio maupun visual seperti radio komunikasi (HT) dan eQso serta alat komunikasi lainnya termasuk laporan situasi secara teleconference dengan teknologi pencitraan satelit, diantaranya bekerjasama dengan Kemenhub dan Korlantas Mabes Polri melakukan pemantauan lalulintas dan kebencanaan via NTMC (National Traffic Management Center).

Dengan jumlah personel yang terus bertambah dari masa ke masa, pada pengamanan Lebaran tahun 2012 misalnya, Senkom menerjunkan sebanyak tiga puluh ribu anggota yang secara aktif mendirikan posko mandiri maupun di posko bersama Kepolisian dan Kemenhub.

Dan personel tersebut juga tergabung dalam Pam Natal 2012 dan tahun Baru 2013 yang sedang berlangsung.

Di dalam kebencanaan, Senkom Mitra Polri juga memiliki tim Senkom Rescue yang selalu siaga dalam kebencanaan dan secara aktif bekerjasama dengan BNPB/BPBD serta Basarnas maupun SAR di daerah masing-masing.

Penanganan berbagai peristiwa bencana alam nasional dan kecelakaan darat, laut maupun udara telah menjadi bagian dari kegiatan Senkom Rescue.

Sebagai ormas dengan kemandirian dan komitmen yang tinggi terhadap kamtibmas dan kebencanaan, Senkom Mitra Polri juga memiliki pola rekrutmen yang unik, karena selain menyesuaikan pola keanggotaan berdasarkan peraturan perundang-undangan, calon anggota juga harus dikenal bersih lingkungan dan berrakhlak baik, bebas dari 5 M atau Moh Limo: Madat (tidak memakai narkoba dan tidak merokok), Madon (main perempuan), Mabuk), Main (judi), Maling (kriminil).

Keunikan organisasi dengan domain kamtibmas ini ialah perangkatnya yang bukan pentungan, melainkan kemampuan survive dengan alat komunikasi sederhana hingga gadget dengan teknologi canggih serta berbagai kelengkapan kebencanaan.

Hingga tahun 2012, Senkom Mitra Polri telah mencapai berbagai keberhasilan baik didalam perannya menciptakan Kamtibmas maupun penanggulangan bencana. Terakhir, Senkom Mitra Polri mendapat apresiasi dari Mabes Polri yang ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak sebagai dasar kerjasama dalam berbagai bidang terkait kamtibmas.

Selain itu Mabes Polri juga memberikan Penghargaan Mitra Polri serta menjadikan Senkom Mitra Polri sebagai Pelopor Keselamatan Lalu Lintas. * (Syam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar