Laporkan situasi keamanan lingkungan, ketertiban bermasyarakat dan kebencanaan melalui SMS ke nomor 0813-8724-4662 Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dengan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan

Selasa, 01 Januari 2013

KNPI: Kemitraan Strategis Senkom dan BNPB Harus Diperkuat


GENERASIINDONESIA.COM
| BNPB harus diperkuat mengingat pekerjaannya dalam kebencanaan yang sangat dibutuhkan. Begitu juga dengan kemitraan yang telah terjalin dengan Senkom Rescue yang merupakan bagian dari Senkom Mitra Polri bidang kebencanaan. Apalagi BNPB tidak secara khusus memiliki pola dan sistem rekrutmen, sehingga semua relawan sifatnya hanya mitra. Hal itu disampaikan Kabid Politik KNPI Yanuar Arif Wibowo, dalam talkshow Peran Masyarakat Dalam Kamtibmas dan Kebencanaan, yang diselenggarakan Senkom Mitra Polri dalam rangka refleksi akhir tahun 2012.

Dengan jumlah penduduk rawan terdampak bencana lebih dari 100 juta orang, kemitraan strategis dengan kelompok-kelompok masyarakat baik itu ormas, partai dan lainnya harus ditingkatkan, termasuk dengan pembinaan dan pelatihan supaya para relawan lebih terampil dalam penanganan bencana dan dapat siaga setiap saat.

"Seperti Senkom Mitra Polri ini misalnya, yang selalu ada saat dibutuhkan, dan siaga saat aman. Jadi kalau terjadi bencana, BNPB bisa langsung kontak relawan Senkom," ujar Yanuar.

BNPB merilis, dengan potensi penduduk terdampak bencana lebih dari seratus juta jiwa, relawan yang tercatat berdasarkan pengembalian formulir pendaftaran hanya ada sekitar 28 ribu relawan. (Ags/Mhr) | GI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar