Laporkan situasi keamanan lingkungan, ketertiban bermasyarakat dan kebencanaan melalui SMS ke nomor 0813-8724-4662 Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dengan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan

Selasa, 01 Januari 2013

BNPB: Kemitraan dengan Senkom Sudah Tepat dan Strategis

GENERASIINDONESIA.COM | Kemitraan yang terjalin antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan Senkom Mitra Polri dinilai tepat oleh Sugeng Tri Utomo, Deputy Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BNPB. Apalagi dalam tiga tahun terakhir kemitraan itu semakin meningkat dalam setiap penanganan bencana yang terjadi, maupun dalam latihan bersama.

"Saya menilai kerjasama BNPB dengan Senkom Mitra Polri ini sudah tepat dan strategis, karena Senkom Mitra Polri ini memiliki setidaknya tiga fungsi, yaitu kamtibmas, komunikasi dan informasi, serta tim reaksi cepat Senkom rescue," ujar Sugeng ketika memberikan ulasan peran masyarakat dalam kebencanaan, dalam talkshow refleksi akhir tahun Senkom Mitra Polri, Senin (31/12) siang, di RM Dapur Sunda Pacific Place, Jakarta.

Sebagaimana dijelaskan Ketua Umum Senkom Mitra Polri HM. Sirot, SH, SIp, di bidang Kamtibmas, Senkom memiliki tanggung jawab melakukan pengamanan ketika terjadi bencana, baik mengamankan aset, mengamankan orang maupun mengamankan jalannya evakuasi.

Kemudian dalam fungsi Komunikasi dan Informasi, Senkom menggunakan semua berbagai perangkat komunikasi dari yang paling sederhana hingga paling canggih untuk koordinasi antar lembaga terkait, antar relawan serta memberikan informasi kepada masyarakat. Dan dalam reaksi cepat atau Senkom Rescue, berfungsi melakukan kegiatan evakuasi terhadap korban bencana.

"Jadi Senkom meskipun domain utamanya adalah kamtibmas, tapi peralatan utamanya bukan pentungan, melainkan peralatan komunikasi dan ketrampilan evakuasi para anggotanya terutama dalam kebencanaan. Sedangkan dalam kamtibmas, kami lebih mengedepankan pendekatan persuasif, menghindari terjadinya kekerasan," terang HM Sirot.

Baik Sugeng Tri Utomo maupun HM Sirot, keduanya mewakili lembaga masing-masing memiliki harapan bahwa kedepan kerjasama itu semakin meningkat dan berkelanjutan. (Ags/Mhr) | GI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar