Laporkan situasi keamanan lingkungan, ketertiban bermasyarakat dan kebencanaan melalui SMS ke nomor 0813-8724-4662 Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dengan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan

Rabu, 22 Agustus 2012

PP Senkom - Mabes Polri Tandatangani Nota Kesepahaman

Ketua Umum PP Senkom HM Sirot sedang berada di ruang kendali
National Traffic Management Center (NTMC) Mabes Polr
GENERASIINDONESIA.COM | Pengurus Pusat Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri sepakat melakukan kerjasama kemitraan dengan Markas Besar ( Mabes) Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dituangkan melalui butir-butir kesepakatan.

Kerjasama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU), tertanggal 26 Juli 2012 antara Ketua Umum Senkom Mitra Polri H Muhammad Sirot, SH, SIp dengan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri, Komjen (Pol) Drs. Imam Sudjarwo, MSi, mewakil Kapolri.

Nota kesepahaman Senkom dengan Mabes Polri bukan tanpa alasan, selama kurun delapan tahun terakhir, Senkom telah secara aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dalam rangka penguatan fungsi kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Senkom telah menjadi mitra bagi kepolisian dalam kurun delapan tahun terakhir, dan pihak Mabes Polri juga mengapresiasi sebagai Mitra Polri paling aktif. Pada saat Munas II juga diberikan penghargaan yang diserahkan oleh Wakabaharkam mewakili Kapolri kepada Ketua Umum PP Senkom,” ujar Nur Trijoko, SH, Wakil Sekjen PP Senkom.

Diantara kegiatan Senkom membantu Kepolisian antara lain dalam pengamanan acara-acara penting seperti perayaan hari besar keagamaan, tahun baru, penyambutan tamu Negara, pengawalan obyek vital, hingga pengamanan arus mudik lebaran.

Terjunkan 30 Ribu Personel Amankan Mudik Lebaran

Khusus pengamanan arus mudik lebaran tahun ini, Senkom menerjunkan 30 ribu personel dari Aceh hingga Papua, dilengkapi dengan perlengkapan standard berupa radio satelit dan kamera CCTV yang terhubung dengan National Traffic Management Center (NTMC) Mabes Polri serta pusat pemantauan di Kementerian Perhubungan serta Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Senkom selain mendirikan posko-posko baik mandiri maupun menggandeng mitra seperti pertamina, tokobagus dan lainnya, juga melakukan patroli baik di darat, laut maupun udara.

“Untuk pemantauan udara kami menggunakan helikopter bersama dengan personel Mabes Polri yang hasil pantauannya langsung kami informasikan melalui radio maupun CCTV sehingga anggota di titik terdekat dengan kemacetan dapat langsung mengambil tindakan penguraian.” Kata Kenken Irawan Aulia, Deputi Bidang Telematika Senkom.

Ditambahkan Ketua Umum PP Senkom, HM Sirot, SH, SIp, peran Senkom lainnya adalah menjadi mitra bagi berbagai pihak seperti PMI, Basarnas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mulai dari kecelakaan lalu lintas darat, laut maupun udara sampai bencana alam. Untuk mendukung berbagai kesiapan dalam perannya di lapangan, Senkom memiliki sejumlah departemen seperti diklat, pengamanan dan penanganan bencana, litbang, telematika, hukum dan HAM, kesehatan, kepemudaan dan keolahragaan.

“Masing-masing departemen tersebut diisi oleh personel yang kompeten di bidangnya, sehingga bukan hal mengherankan juga kalau kami punya kerjasama yang sangat baik dengan berbagai pihak seperti Kepolisian, TNI dan lembaga pemerintah lainnya,” pungkas HM Sirot. [idf/mahar]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar