Laporkan situasi keamanan lingkungan, ketertiban bermasyarakat dan kebencanaan melalui SMS ke nomor 0813-8724-4662 Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dengan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan

Minggu, 20 Januari 2013

Banjir Kali Bekasi Surut, Tinggalkan Lumpur 10cm di Rumah Warga


TabloidLUGAS.com
| BEKASI
- Setelah terendam banjir setinggi 1,5 meter, warga Perumahan Pondok Mitra Lestari Jati Asih, Bekasi kini mulai dapat bernafas lega, meski masih diliputi was-was juga karena bisa jadi banjir akan kembali datang 'bertamu'.

Banjir luapan air dari Kali Cikeas dan Kali Cileungsi yang tak tertampung aliran Kali Bekasi, selain telah mengusir warga dari rumah-rumahnya, juga meninggalkan masalah baru pasca banjir. Dalam pengamatan Agus Wibowo, Koresponden Lugas News Network di Bekasi, meski air telah surut pada hari Sabtu (19/1) namun meninggalkan lumpur hingga 10 cm di dalam rumah warga.

Warga pun bergotong royong membersihkan jalan-jalan serta rumah-rumah dengan secara bergantian, kecuali beberapa rumah yang ditinggalkan oleh pemiliknya. Tampak seluruh elemen masyarakat di Jati Asih bergotong-royong seperti Karang Taruna, Senkom Mitra Polri, Remaja Masjid Al Barokah Yayasan Lembaga Dakwah Islam Indonesia dan lain-lain.

Menurut keterangan Dedy Hadiyat, setempat, ihwal banjir terjadi karena air sudah melampaui tinggi tanggul Kali Bekasi sementara posisi perumahan lebih rendah. "Air juga datang sangat cepat pada dini hari kemarin malam," ujar Dedy, Sabtu (19/1) saat ditemui Lugas sedang bergotong royong bersama warga lainnya.

Polresta Bekasi merilis bahwa tiga penduduk tewas akibat terseret arus banjir, pada 18 hingga 19 Januari 2013. Menurut Kepala Humas Polresta Bekasi, AKBP Bambang Wahyudi, korban meninggal dunia terdiri atas Omang (62), petani, dan Samin (32), penyapu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, serta seorang lagi belum diketahui identitasnya.

Kota Bekasi Daerah Rawan Banjir

Kota Bekasi hingga saat ini masih termasuk dalam kategori daerah rawan banjir. Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi mencatat ada 39 kawasan perumahan rawan banjir yang tersebar di sembilan Kecamatan. Titik banjir tersebut rata-rata merupakan perumahan dan pemukiman warga.

Perumahan yang termasuk daerah rawan antara lain Kecamatan Bekasi Utara (Perum Wisma Asri dan Perum Harapan Jaya). Kecamatan Medan Satria (Perumahan Pejuang). Kecamatan Bekasi Barat (Perum Duta Kranji, Perum Jati Luhur, Perum Mas Naga, Harapan Baru Regency danPerum Harapan Baru). Kecamatan Bekasi Selatan  (Perumnas I, Perumnas II, Perum Kejaksaan Kayu Ringin,  Taman Galaxy, Perum Satria Mandala dan Perum Kemang Pratama).Kecamatan Bekasi Timur (Perum Danita, Perum Bekasi Jaya Indah, Perumnas III dan Perum Villa Kartini).

Kecamatan Rawalumbu  (Perumnas Rawalumbu, Perum Taman Narogong, Perum Pondok Hijau Permai I, Pondok Hijau Permai II, Perumahan Bumi Bekasi baru Utara). Kecamatan Mustika Jaya  (Perum Pondok Timur, Perum Mayanggi, Perum Graha Harapan dan Perumahan Mutiara Gading). Kecamatan Jatiasih (Perum Jati Kramat, Perum Puri Gading, Perum Nasio, Perum Pondok Gede Permai, Pondok Mitra Lestari, Vila Jatirasa, Kemang IFI,  Perum Duta Indah, Perum Graha Indah, Komplek  Dosen IKIP). Kecamatan Pondok Gede (Perum Jatibening, Perum Candra Lama). L

Reporter: Agus Wibowo
Editor: Mahar Pr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar