Laporkan situasi keamanan lingkungan, ketertiban bermasyarakat dan kebencanaan melalui SMS ke nomor 0813-8724-4662 Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dengan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan

Jumat, 08 Februari 2013

Senkom Dompu Siap Operasikan PLIK dan MPLIK

Salah satu contoh unit MPLIK yang telah difungsikan di sebuah SMA di Bangka Tengah
WARTASENKOM | Dompu (NTB) - Program KPU/USO merupakan implementasi penyediaan jasa akses telekomunikasi dan informatika dari Kementrian Kominfo. Pemerintah pada tahun 2011 lalu, menganggarkan program ini mencapai Rp1,5 trilyun. Pada tahun 2012 lalu mencapai Rp1,8 trilyun, namun karena luasnya wilayah di Indononesia itu dirasa kurang memadai. Di Kabupaten Dompu, Misalnya, yang memiliki 8 kecamatan, hanya mendapat 3 unit MPLIK.

Di kabupaten Dompu, diharapkan beroperasinya MPLIK dan PLIK ini, untuk membantu petani dalam memperoleh informasi terait dengan fluktuasi harga komoditi unggulan dan menambah wawasan terkait dengan modifikasi pertanian.

Disamping itu, dengan akses internet dapat dilakukan laporan situasi terkini mengenai kamtibmas dan deteksi dini kebencanaan. Hal iu dikemukakan pengurus Senkom Mitra Polri Kabupaten Dompu, Supriyadin Ismail.

Menurut Supriyadin, dengan personel bidang telematika berjumlah 35 orang di kesatuannya, pemerintah dapat mempercayakan pemanfaatan pengoperasian PLIK dan MPLIK kepada Senkom Mitra Polri Kabupaten Dompu.

Selama ini Lokal Senkom Kabupaten Dompu juga aktif dalam kegiatan harian berupa laporan situasi (lapsit) Kamtibmas setiap pagi dan sore di jejaring Senkom Mitra Polri secara nasional, menggunakan perangkat internet berbasis internet eQso, yang memungkinkan komunikasi HT dari personel yang ada di setiap wilayah Polsek di seluruh Indonesia. [*]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar